7 BAGIAN DAGING YANG TIDAK PERNAH DIMAKAN RASULULLAH

Juni 19, 2024

 

Hewan qurban

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



7 Bagian Daging yang Tidak Pernah Dimakan Rasulullah, Bahkan Ulama Hanafiyah Mengharamkannya


Rasulullah S.A.W termasuk bagian dari golongan pihak yang menyukai daging, khususnya kambing.


Beberapa riwayat menyebutkan, bahwa Rasulullah pernah disuguhkan daging kambing, dan beliau menyantapnya.


Hanya saja, ada beberapa bagian dari kambing maupun sapi yang tidak pernah disantap oleh Rasulullah.


Karena hal itu pula, beberapa ulama berpendapat untuk mengharamkan bagian-bagian hewan ternak itu untuk dimakan.



Sebab, bagian-bagian tubuh hewan yang diharamkan itu beberapa diantaranya memang tidak lazim dikonsumsi.


Kalaupun ada yang mengonsumsinya, hanya segelintir orang saja yang menyukai bagian tubuh hewan tersebut.


Lantas, apa saja bagian tubuh hewan yang tidak pernah disantap oleh Rasulullah?



Ulama Hanafiyah menyebut ada 7 bagian daging yang haram dimakan.


Adapun ketujuh bagian itu diantaranya darah yang mengalir, kemaluan hewan jantan, kemaluan hewan betina, qubul, ghuddah, kandung kencing, dan kandung empedu.


Ghuddah adalah daging yang tumbuh di anatara kulit dan daging yang disebabkan oleh penyakit, misalnya tumor.



Keharaman 7 bagian hewan kurban itu didasarkan pada hadist Rasulullah Muhammad SAW, yang diriwayatkan Mujahid, yang menyatakan Rasulullah SAW tidak menyukai alat kelamin kambing, dua testis, kemaluan, ghuddah, kandung kemih, kandung kencing, dan darah.


Namun ada pendapat lain yang dikemukakan ulama Al Khaththabi dari kalangan madzhab Syafii yang menghukumi makruh, atau tidak disukai oleh Nabi Muhammad SAW.


Untuk darah yang mengalir, semua sepakat bahwa itu haram.


Bagian Daging yang Disukai Rasulullah

Dilansir dari Tribun Trends, Nabi Muhammad SAW sangat menyukai daging kambing, terutama bagian lengan seekor kambing. 


Abu Hurairah r.a. berkata: “Suatu ketika dihidangkan ke hadapan Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam semangkuk bubur dan daging. Maka beliau mengambil bahagian lengan (dari daging tersebut), dan bahagian itulah yang paling disenangi oleh Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam.” (HR. Muslim)


Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga menyenangi memakan bagian paha dari daging kambing.


Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah disuguhi daging. Bagian kaki (dari daging itu atau paha) diberikan kepada Beliau. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukainya, maka beliau menggigit daging itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)


Para ulama terdahulu menjelaskan, ada beberapa pendapat tentang keutamaan mengambil daging. Diantaranya :


Qadhi Iyadh berkata, “Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassallam gemar mengambil daging bahagian lengan disebabkan oleh kematangannya, aroma yang wangi, rasa yang lezat, manis dan jauh dari tempat-tempat yang berbahaya.”


Al-Farzdaq berkata, “Ambillah daging bagian depan. Hindarilah kepala dan perut, karena keduanya adalah sarang penyakit.”


Memang Sehat

Di kalangan masyarakat, sering muncul anggapan bahwa daging kambing bisa memicu darah tinggi.


Namun, informasi itu hanyalah mitos.


Dengan catatan, kita tidak bisa sesuka hati menyantap semua bagian kambing seenaknya.


Beberapa bagian kambing menyimpan lemak dalam jumlah banyak, sehingga sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah sangat terbatas.


Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Johanes Chandrawinata, SpGK mengatakan, hanya daging kambing yang baik untuk dikonsumsi.


“Dari tubuh kambing, daging yang baik. Ada di paha atas dan bagian daging tanpa lemak lainnya,” kata Johanes lewat pesan singkat.


Protein pada kambing terdistribusi merata pada seluruh bagian daging. Namun, bagian paha atas merupakan bagian paling baik untuk dikonsumsi.


Selain kaya protein, paha atas dan bagian lain seperti bahu juga paling miskin kandungan lemak.


Lemak pada kambing cenderung terkonsentrasi pada rongga tubuh. Karenanya, Johanes meminta jeroan kambing dihindari.


Secara umum, Johanes mengatakan, bagian lain yang perlu dihindari adalah "iga, perut, jeroan, dan kaki."


Dengan memperhatikan bagian-bagian kambing yang tersehat untuk dikonsumsi, niscaya kolesterol, darah tinggi, atau penyakit yang dimiliki takkan kambuh.


Daging kambing mengandung selenium, dan kolin bermanfaat dalam menangkal kanker.


Bahkan untuk wanita hamil, daging kambing dinilai bisa mencegah anemia, meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah ibu, dan mensuplai darah ke bayi karena mengandung jumlah tinggi zat besi sebanyak 3 mg per 100 gram daging kambing. Pada bayi dapat mengurangi risiko cacat lahir.


Bagi wanita yang nyeri saat haid, daging kambing bisa memulihkan karena mengandung zar besi. Vitamin B12 yang terkandung di dalamnya bisa membuat sehat kulit.


Direktur Chevon Agrotech Pvt. Ltd, Dr Rizwan Thakur, sebagaimana dikutip laman yahoo.health pernah mengatakan banyak manfaat daging kambing bagi kesehatan.


Menurutnya, daging kambing merupakan sumber yang baik dari asam linoleat terkonjugasi (CLA), asam lemak yang bisa membantu mencegah kanker dan kondisi peradangan lainnya.


Selain itu mengandung vitamin B, yang membantu Anda membakar lemak. Dengan jumlah tinggi protein tanpa lemak dan jumlah yang rendah lemak jenuh, hal ini membantu mengontrol berat badan dan mengurangi risiko obesitas.


Daging kambing juga mengandung selenium dan kolin yang bermanfaat dalam menangkal kanker.



Mari sama-sama kita menebar kebaikan dan menjadi insan yang bermanfaat. Sekian dari saya, mohon maaf untuk kata yang mungkin saja kurang berkenan dalam share artikel ini. Terima kasih atas perhatian dan antusiasnya membaca. 



Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.




YAYASAN IMAM TEGUH Program Kemanusiaan | Mendirikan Dan Meyelenggarakan Rumah Singgah | Menyelenggarakan pendidikan | Menyelenggarakan pelestarian lingkungan hidup | Bersih Masjid & Mushola |  Ziarah Wali Songo | Ziarah Wali Pitu | Program Haji & Umroh | Berbagi Sedekah Kepada Masyarakat | Sima'an Qur'an 

You Might Also Like

0 komentar