PERBEDAAN SHOLAT FAJAR DAN SHOLAT QOBLIYAH SUBUH, MANA YANG LEBIH UTAMA

Juli 25, 2023

sunnah

 

Banyak umat Islam yang masih bertanya-tanya tentang perbedaan antara sholat fajar dan sholat qobliyah subuh. Karena pahala yang dijanjikan sangatlah besar, umat Islam dianjurkan untuk tidak melewatkan dua ibadah tersebut. 


Kedua ibadah ini sama-sama harus dikerjakan di pagi hari, tepatnya setelah adzan subuh berkumandang. Ketika adzan subuh berkumandang, umat Muslim sebaiknya segera bangun dari tidur dan langsung mengambil air wudhu hingga menunggu adzan selesai lalu melaksanakan sholat fajar atau sholat qabliyah subuh terlebih dahulu. Artinya sebelum waktu itu, maka sholat fajar maupun sholat qobliyah subuh tidak boleh dikerjakan.  


Adapun dalil atau hadits yang menganjurkan sholat fajar dan qobliyah subuh yaitu hadits Nabi SAW yang diriwayatkan dari Imam Muslim bahwa Rasulullah SAW bersabda: 


“Dua rakaat sholat fajar lebih utama dari dunia dan seisinya” (HR. Muslim).


Jika waktu mengerjakannya sama, lantas apa saja sih perbedaan sholat fajar dan sholat qobliyah subuh yang wajib diketahui oleh umat Muslim? Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 


Perbedaan Sholat Fajar dan Sholat Qobliyah Subuh 

Istilah sholat fajar atau fajr pada umumnya digunakan oleh umat di Jazirah Arab. Sementara, istilah sholat qabliyah subuh memiliki sejumlah nama lain. Menurut pendapat Ali Musthafa Siregar dkk dalam buku Fikih Salat Sunah, kitab l'aanah ath-Thoolibiin menyebut bahwa sholat tersebut juga dikenal dengan sunah fajar, sunah subuh, sunah wustho, sunah barod dan sunah ghodat. 


Meskipun namanya berbeda-beda, namun pengertiannya tetap sama yaitu sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan sebelum menunaikan sholat subuh. Inilah perbedaan pengertian antara sholat fajar dan sholat qobliyah subuh. 


Lalu bagaimana bacaan niat sholat sunnah fajar dan qobliyah subuh yang sesuai syariat? Berikut inj ulasannya lengkap dengan bacaan latin dan artinya. 


Niat Sholat Fajar 

Syaikh Nawawi al Bantani di dalam kitabnya Nihayatuz Zain menyebutkan bahwa terdapat beberapa macam bacaan niat shalat fajar, yaitu: 


Pertama, 

Ushalli sunnatal fajri rok’ataini ad’an lillahi ta’ala 


“Saya niat shalat sunnah fajar dua rakaat karena Allah Ta’ala”. 


Kedua, 

Ushalli sunnatas subhi rok’ataini ada’an lillahi ta’ala 


Saya niat shalat sunnah barad dua rakaat karena Allah Ta'ala. 


Niat Sholat Qobliyah Subuh 

Usholli sunnatas shubhi rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta’aala 


“Saya niat shalat sunnah subuh dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala”. 


Tata Cara Sholat Fajar 

Sebenarnya, sholat ini dikerjakan seperti sholat pada umumnya. Berikut ini tata caranya: 

1. Membaca Niat 

2. Takbiratul Ihram 

3. Membaca Doa Iftitah 

4. Membaca Surat Al Fatihah 

5. Membaca Surat Pendek 

6. Rukuk 

7. I'tidal 

8. Sujud 

9. Duduk di antara dua sujud 

10. Sujud 

11. Berdiri untuk mengerjakan rakaat kedua 

12. Setelah membaca Al Fatihah, disunnahkan untuk membaca Surat al-Ikhlas 

13. Tahiyat Akhir 

14. Salam. 


Setelah mengerjakan sholat sunah tersebut, sambil menunggu masuknya waktu sholat subuh muslim dianjurkan untuk berzikir. Bacaan zikir yang dapat diamalkan yaitu, Ya Hayyu ya Qayyum Laa Ilaaha Illa Anta sebanyak 40 kali. Surat Al Ikhlas (sebanyak 11 kali), surat Al Falaq (sebanyak 1 kali), surat An Naas (sebanyak 1 kali). Kemudian dapat dilanjutkan dengan membaca, Subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil ‘adhim, astaghfirullah (sebanyak 100 kali). 


Sholat sunnah sebelum subuh ini dianjurkan untuk tidak dilakukan dalam waktu yang lama karena statusnya hanya sebagai sholat sunah. Hal ini sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Selain itu, sholat ini boleh dilaksanakan di rumah sebelum berangkat ke masjid.  


Itulah tadi ulasan mengenai perbedaan sholat sunnah fajar dan sholat qobliyah subuh. Lengkap dengan niat sholat, tata cara dan keutamaannya. Semoga menambah keimanan kita.




Mari sama-sama kita menebar kebaikan dan menjadi insan yang bermanfaat. Sekian dari saya, mohon maaf untuk kata yang mungkin saja kurang berkenan dalam share artikel ini. Terima kasih atas perhatian dan antusiasnya membaca. 




YAYASAN IMAM TEGUH Program Kemanusiaan | Mendirikan Dan Meyelenggarakan Rumah Singgah | Menyelenggarakan pendidikan | Menyelenggarakan pelestarian lingkungan hidup | Bersih Masjid & Mushola |  Ziarah Wali Songo | Ziarah Wali Pitu | Program Haji & Umroh | Berbagi Sedekah Kepada Masyarakat | Sima'an Qur'an 



Pelaksanaan program bantuan bedah rumah bagi masyarakat yang kurang mampu di Kelurahan Sidanegara kecamatan Cilacap Tengah.

You Might Also Like

0 komentar