PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN BEDAH RUMAH BAGI MASYARAKAT YANG KURANG MAMPU DI KELURAHAN SIDANEGARA KECAMATAN CILACAP TENGAH

Juli 22, 2023

Program Bedah Rumah

 

Pelaksanaan program bantuan bedah rumah bagi masyarakat yang kurang mampu di Kelurahan Sidanegara kecamatan Cilacap Tengah.

Program bedah rumah terdapat Proses asosiatif atau juga disebut proses sosial integratif atau konjungtif proses ini penting untuk integrasi dan kemajuan masyarakat dalam proses sosial ini anggota-anggota masyarakat berada dalam keadaan harmoni yang mengarah pada pola-pola kerjasama. Selain itu, masyarakat dalam melaksanakan 

program bedah rumah menuai berbagai hambatan tetapi hal itu dapat di tanggulangi tanpa adanyah kontravensi, pertentangan maupun konflik itu dikarenakan masyarakat masih sangat memegang teguh solidaritas sosial dimana solidaritas sosial merujuk pada suatu keadaan hubungan antara individu dengan kelompok yang di dasarkan pada perasaan moral dan kepercayaan yang dianut bersama yang di perkuat oleh rasa kebersamaan yang di rasakan dengan tetap melestarikan semangat gotong royong dan mempertahankan kebudayaan masing masing. Dan kemudian solusi dalam pelaksanaan bedah rumah kunci dari suksesnya bantuan ini adalah jujur dan terbuka dalam memilih siapa saja yang berhak dapat harus memenuhi kriteria bukan karena mempunyai hubungan darah lalu mendiskriminasi yang lain. 

Manusia harus memiliki sifat moralitas, solidaritas dan keadilan sosial hal itu adalah tema-tema besar yang harus dimiliki seseorang yang akan bekerja.

Program Yayasan Imam Teguh sendiri saat ini menargetkan program 1000 bedah rumah. Untuk mendukung kesejahteraan dan pelaksanaan Program Bedah Rumah sehingga dapat membantu masyarakat untuk memiliki rumah yang layak huni. 

Saat ini Yayasan Imam Teguh terus mendorong pelaksanaan pembangunan rumah bagi masyarakatnya. Agar dapat mempermudah masyarakat yang ingin memiliki rumah. Rumah sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat yang mau tidak mau harus dipenuhi. Untuk itu akan terus dilakukan pemerataan bantuan agar lebih banyak masyarakat yang dapat memiliki rumah.

Hal ini terjadi di karenakan Yayasan Imam Teguh dituntut untuk melaksanakan Program Bedah Rumah ini tepat sasaran yaitu bisa berjalan secara Efektif dan Efisien.

Perlu di ketahui bahwa Program Bedah Rumah ini sendiri merupakan Alokasi Anggaran dari donasi masyarakat yang digunakan untuk infrastruktur yang di dalamnya untuk Pembangunan Rumah Yang Tidak Layak Huni melalui Program Bedah Rumah, dengan di alokasikan dana rumah ini untuk rumah masyarakat yang tidak layak huni, Program Bedah Rumah ini, dimana masyarakat yang kurang mampu bisa memperoleh hidup dan tempat tinggal yang layak dan nyaman untuk dihuni. Dari proses alokasi dana donasi ini ternyata ada harapan yang diharapkan sesuai kenyataan yang di dapat oleh masyarakat.


Indikator Kurang Mampu

1. Luas lantai bangunan tempat tinggal kurang dari 8m2 per orang

2. Jenis lantai tempat tinggal terbuat dari tanah/bambu/kayu murahan

3. Jenis dinding tempat tinggal dari bambu/ rumbia/ kayu berkualitas rendah/tembok tanpa diplester.

4. Tidak memiliki fasilitas buang air besar/ bersama-sama dengan rumah tangga lain.

5. Sumber penerangan rumah tangga tidak menggunakan listrik.

6. Sumber air minum berasal dari sumur/ mata air tidak terlindung/ sungai/ air hujan.

7. Bahan bakar untuk memasak sehari-hari adalah kayu bakar/ arang/ minyak tanah

8. Hanya mengkonsumsi daging/ susu/ ayam dalam satu kali seminggu.

9. Hanya membeli satu stel pakaian baru dalam setahun

10. Hanya sanggup makan sebanyak satu/ dua kali dalam sehari

11. Tidak sanggup membayar biaya pengobatan di puskesmas/ poliklinik

12. Sumber penghasilan kepala rumah tangga adalah: petani dengan luas lahan 500m2, buruh tani, nelayan, buruh bangunan, buruh perkebunan dan atau pekerjaan lainnya dengan pendapatan dibawah Rp. 600.000,- per bulan

13. Pendidikan tertinggi kepala rumah tangga: tidak sekolah/ tidak tamat SD/ tamat SD.

14. Tidak memiliki tabungan/ barang yang mudah dijual dengan minimal Rp. 500.000,- seperti sepeda motor kredit/ non kredit, emas, ternak, kapal motor, atau barang modal lainnya 

Kesan pertama yang ditanggapi masyarakat dengan hadirnya bantuan bedah rumah yaitu mereka sangat antusias dan berharap banyak yang bisa terdaftar hanya saja untuk bisa mendapatkan bantuan ini harus memenuhi syarat dan kriteria seperti mempunyai sertifikat hak milik tanah lantainya masih beralaskan tanah atapnya juga hanya dari anyaman daun nipah jadi masyarakat harus di seleksi dulu karena. Soal pelaksanaanya sudah bagus yang diberikan memang keluarga yang benar-benar membutuhkan.

Pembangunan sendiri bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana Desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan dalam pelaksanaannya pembangunan desa penting untuk mengedepankan kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotongroyongan.



Mari sama-sama kita menebar kebaikan dan menjadi insan yang bermanfaat. Sekian dari saya, mohon maaf untuk kata yang mungkin saja kurang berkenan dalam share artikel ini. Terima kasih atas perhatian dan antusiasnya membaca. 




YAYASAN IMAM TEGUH Program Kemanusiaan | Mendirikan Dan Meyelenggarakan Rumah Singgah | Menyelenggarakan pendidikan | Menyelenggarakan pelestarian lingkungan hidup | Bersih Masjid & Mushola |  Ziarah Wali Songo | Ziarah Wali Pitu | Program Haji & Umroh | Berbagi Sedekah Kepada Masyarakat | Sima'an Qur'an

You Might Also Like

0 komentar