Hadist Rezeki Suami Tergantung Istri Dalam Islam

Desember 14, 2022


 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Rasulullah SAW adalah sosok yang selalu menjadi panutan dalam bersikap kepada banyak orang, termasuk istrinya. Beliau sangat memulaikan pasangan hidupnya dalam keadaan susah dan senang.


Sikap tersebut diketahui sangat disenangi dan dicintai oleh Allah SWT. Kebahagiaan yang tercipta dari sikap suami yang memuliakan istrinya, ternyata dapat membuka pintu rezeki suami untuk keluarga, lho.


Maka dari itu, dalam ajaran agama Islam setiap kepala rumah tangga diperintahkan untuk wajib memuliakan pendamping hidupnya. Dengan begitu, pintu rezeki akan dibukakan lebar oleh Allah SWT.


Nah, kali ini telah merangkum hadis rezeki suami tergantung istri dalam Islam. Ilmu yang cukup penting nih sebagai seorang suami.


Yuk, mari kita simak selengkapnya!


1. Hadis Riwayat Tirmidzi, orang terbaik yaitu yang baik pada keluarganya sendiri


Dalam sabdanya, Rasulullah menyampaikan bahwa seorang laki-laki yang bisa memuliakan istrinya, merupakan laki-laki yang paling mulia. Tak hanya kepada istri, namun bersikap baik kepada keluarga pun dapat membawa kebaikan pada diri suami.


Pentingnya sikap tersebut menjadi sebuah perintah kepada seluruh kepala rumah tangga. Berikut ini hadis yang menerangkan sikap baik suami pada keluarganya.


خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لأَهْلِى


Artinya:


“Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik pada keluarganya. Aku sendiri adalah orang yang paling baik pada keluargaku,” (HR. Tirmidzi, no. 3895).


2. Hadis Riwayat At-Tirmidzi dan Ibnu Majah, sebaik-baiknya suami adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istrinya


أكمل المؤمنين إيمانا أحاسنهم أخلاقا، وإن المرء ليكون مؤمنا وإن في خلقه شيئا فينقص ذلك من إيمانه.


Artinya:


"Orang yang imannya paling sempurna di antara kaum mukminin adalah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istrinya," (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).


Suami yang memperlakukan istrinya secara baik dan istimewa, dipastikan memiliki dasar akhlak dan iman yang terbaik. Hal tersebut terjadi karena ia paham terhadap keutamaan dan kemuliaan hadirnya seorang istri dalam kehidupan rumah tangga.


3. Hadis Riwayat Muslim, no. 2588 tentang keutamaan sikap tawadhu' dalam rumah tangga


Allah SWT sangat mencintai umatnya yang memiliki sifat rendah hati, atau disebut tawadhu'. Suami yang memuliakan istri dengan penuh rasa rendah hati, niscaya derajatnya akan dinaikan oleh Allah SWT.


Hal ini disampaikan dalam HR. Muslim, bahwa Rasulullah SAW bersabda:


وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلاَّ رَفَعَهُ اللَّهُ


Artinya:


"Tidaklah seseorang tawadhu’ (merendahkan hati) karena Allah melainkan Dia akan meninggikan derajatnya,” (HR. Muslim, no. 2588).


Alasan Sikap Memuliakan Istri Dapat Melancarkan Pintu Rezeki Suami


Dalam ajaran agama Islam, perempuan adalah sosok yang diistimewakan. Maka dari itu, perintah memuliakan istri diciptakan karena akan ada banyak hal baik yang datang dalam kehidupan rumah tangga.


Sesungguhnya, istri yang akan menemani hidup suaminya dalam keadaan suka dan duka, hingga maut yang memisahkan. Bahkan, keberadaannya pun mampu membawa suaminya ke jalan yang benar.


Berikut alasan suami yang memuliakan istri akan membuka pintu rezeki, antara lain:


1. Istri adalah bidadari kedua setelah mama kandung.

2. Istri yang merasa bahagia akan membahagiakan seluruh anggota keluarganya.

3. Istri adalah pendukung utama dalam hidup suami.

4. Istri yang selalu bahagia akan senantiasa mendukung suami dalam setiap kondisi.

5. Istri yang berbahagia akan selalu dipenuhi rasa syukur atas rezeki yang ia terima dari suaminya.


Nah, itulah penjelasan mengenai berbagai hadis rezeki suami tergantung istri dalam Islam. Bagi yang sudah memahami hal ini, jangan lupa untuk selalu bahagiakan istrinya.



Mari sama-sama kita menebar kebaikan dan menjadi insan yang bermanfaat. Sekian dari saya, mohon maaf untuk kata yang mungkin saja kurang berkenan dalam share artikel ini. Terima kasih atas perhatian dan antusiasnya membaca. 



Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



YAYASAN IMAM TEGUH Program Kemanusiaan | Mendirikan Dan Meyelenggarakan Rumah Singgah | Menyelenggarakan pendidikan | Menyelenggarakan pelestarian lingkungan hidup | Bersih Masjid & Mushola |  Ziarah Wali Songo | Ziarah Wali Pitu | Program Haji & Umroh | Berbagi Sedekah Kepada Masyarakat | Sima'an Qur'an 


You Might Also Like

0 komentar