DOA ISLAM AGAR DIMUDAHKAN DUNIA DAN AKHIRAT COCOK DIAMALKAN SETIAP HARI

November 21, 2022


 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Dalam ajaran agama Islam, ada banyak do'a yang bisa diamalkan.


Termasuk di dalamnya Do'a Islam agar dimudahkan dunia dan akhirat.


Nah berikut ini adalah Do'a agar urusan dunia dan akhirat dimudahkan.


Ya bacalah Do'a Islam ini agar urusan Anda dimudahkan.


Bacalah Do'a Islam ini agar urusan dunia dan akhirat dimudahkan.


Do'a Islam agar dimudahkan urusan dunia dan akhirat adalah bacaan sebagai cara Muslim untuk memohon kelancaran hidup kepada Allah SWT.


Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk berdo'a dan memohon pada-Nya. Seperti pada Q.S. Ghafir ayat 60, yang artinya seperti berikut ini:


“Dan Tuhanmu berkata: Ada banyak do'a yang bisa diajarkan oleh Nabi dan diamalkan oleh umatnya. Salah satunya adalah do'a di pagi hari yang mengutamakan untuk membuka pintu berkah dan rezeki”.


Sebaiknya do'a agar dimudahkan urusan dunia dan akhirat ini dibaca setiap pagi ketika akan memulai aktivitas.


Berikut ini bacaan do'a agar dimudahkan urusan baik di dunia maupun di akhirat.


1. Do'a Ashabul Kahfi Agar Dimudahkan Urusan Dunia dan Akhirat


Salah satu bacaan do'a agar dimudahkan urusan dunai dan akhirat adalah do'a ashabul kahfi.


Do'a ini tercatat di dalam Al-Quran Surat Al-Kahfi ayat 10.


رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا


Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada.


Artinya: “ Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.”


2. Do'a Sapu Jagad


رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ


Robbana a’tina fid’dun yaa hasanah, wafil a’ khirotil hasanah, waqinaa azab’bannar


Artinya: Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka. QS. Al-Baqarah 201.


Do'a ini merupakan do'a yang singkat tapi sangat berguna karena mencakup semua aspek kehidupan diantaranya memiliki kandungan, memohon kebaikan di dunia, kebaikan di akhirat dan keselamatan dari siksa api neraka. Do'a ini baik dibaca dalam setiap kesempatan.


3. Do'a Nabi Musa


Do'a ini dibaca Nabi Musa as ketika menghadapi Raja Fir’aun.


Nabi Musa as memohon kepada Allah SWT agar diberikan kelapangan dan kemudahan dalam urusannya. Do'a ini diabadikan dalam Al-Quran Surat Thaha ayat 25 hingga 28.


رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي


Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.


Artinya: “ Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku."


4. Do'a Agar Tidak Diberikan Beban yang Terlalu Berat


Masih ada banyak do'a untuk memohon dimudahkan segala urusan. Selain do'a di atas, do'a agar dimudahkan segala urusan dan ucapan juga dikutip dari Alquran Surat Al-Baqarah ayat 286.


Sejatinya do'a ini berisi permohonan agar tidak diberikan beban yang terlalu berat. Selain itu, do'a ini juga berisi permohonan ampun kepada Allah SWT.


رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ


Robbanaa laa tuaa-khidznaa innasiinaa au akhtho'na, robbanaa walaa tahmil 'alainaa ishran kamaa hamaltahuu 'ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa' fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa 'ala al qaumilkaafiriin.


Artinya: “ Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”


5. Do'a Agar Diberi Pertolongan oleh Allah


Do'a agar dimudahkan urusan dunia dan akhirat juga dipanjatkan sebagai permohonan pertolongan kepada Allah Swt. Ada lagi bacaan do'a memohon pertolongan agar dimudahkan urusan dunia dan akhirat yang bisa Sahabat Dream amalkan:


Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan.


Artinya: “ Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Maha Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata mendapat pertolongan dari-Mu selamanya.”


6. Do'a Agar Dibimbing untuk Mengambil Keputusan yang Baik


Do'a agar dimudahkan urusan dunia dan akhirat ini dipanjatkan sebagai upaya memohon kepada Allah agar dibimbing untuk mengambil keputusan yang baik.


Berikut bacaan do'anya yang dikutip dari Al-Quran Surat Al-A'raf ayat 89:


رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَاَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ


Robbanaftah bainanaa wa baina qauminaa bi al haqqi wa anta khairu al faatihiin.


Artinya: “ Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil). Engkaulah pemberi keputusan terbaik.”


7. Do'a agar Segala Urusan yang Rumit Menjadi Mudah


اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً


Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla.


Artinya: “ Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”


8. Do'a Sholawat untuk Kesuksesan Dunia Akhiratnya 


اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَهَبُ لَنَا بِهَا مِنْهُ أَكْمَلَ الْإِمْدَادِ وَفَوْقَ الْمُرَادِ فِيْ دَارِ الدُّنْيَا وَدَارِ الْمَعَادِ وَعَلٰى آلِهٖ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ بِقَدْرِ عَظَمَةِ ذَاتِكَ عَدَدَ مَا عَلِمْتَ وَزِنَةَ مَا عَلِمْتَ وَمِلْءَ مَا عَلِمْتَ


Allahumma shalli 'ala sayyidinaa muhammadin shalatan tahabu lana biha minhu akmalal imdadi wa fawqol muradi fi darid dunya wa daril ma'adi wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallim wa barik biqodri 'adhomati dzatika 'adada ma 'alimta wa zinata ma 'alimta wa mil a ma 'alimta.


Artinya: " Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, dengan rahmat itu Engkau menganugerahi kami pertolongan yang lebih sempurna dan (tercapainya harapan) lebih dari yang kami inginkan , baik selama kami di dunia maupun ketika kami di akhirat kelak, serta limpahkanlah rahmat atas keluarga serta para sahabat beliau. Dan berilah keberkahan dengan kadar keagunan Dzat-Mu, sebanyak apa yang Engkau ketahui dan seberat apa yang Engkau ketahui dan sepenuh apa yang Engkau ketahui."


9. Do'a Mohon Pertolongan


رَبَّنَآ أَخْرِجْنَا مِنْ هَٰذِهِ ٱلْقَرْيَةِ ٱلظَّالِمِ أَهْلُهَا وَٱجْعَل لَّنَا مِن لَّدُنكَ وَلِيًّا وَٱجْعَل لَّنَا مِن لَّدُنكَ نَصِيرًا


Rabbanaa akhrijnaa min haazihil qaryatiz zaalimi ahluhaa, waj’al lanaa mil ladunkawaliyyaan, waj’al lanaa mil ladunka nasiraan


Artisnya: Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah) yang penduduknya zalim. Berilah kami pelindung dari sisi-Mu dan berilah kami penolong dari sisi-Mu. QS. An-Nisa 75


Dalam ayat ini Allah SWT memotivasi hamba-hamba-Nya yang beriman untuk berjihad di jalan-nya dan berusaha menyelamatkan kaum lemah yang terjebak di Mekah. Do'a ini adalah do'a kaum lemah yang terjebak di Mekah.


Demikian do'a agar dimudahkan urusan dunia dan akhirat yang bisa dibaca dan diamalkan setiap hari.



Mari sama-sama kita menebar kebaikan dan menjadi insan yang bermanfaat. Sekian dari saya, mohon maaf untuk kata yang mungkin saja kurang berkenan dalam share artikel ini. Terima kasih atas perhatian dan antusiasnya membaca. 



Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



YAYASAN IMAM TEGUH Program Kemanusiaan | Mendirikan Dan Meyelenggarakan Rumah Singgah | Menyelenggarakan pendidikan | Menyelenggarakan pelestarian lingkungan hidup | Bersih Masjid & Mushola |  Ziarah Wali Songo | Ziarah Wali Pitu | Program Haji & Umroh | Berbagi Sedekah Kepada Masyarakat | Sima'an Qur'an 


You Might Also Like

0 komentar