5 MANFAAT BANGUN PAGI DALAM ISLAM SALAH SATUNYA MEMBUKA PINTU REZEKI

November 19, 2022


 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Islam selalu memberikan petunjuk yang baik bagi umatnya bahkan mengenai waktu bangun tidur yang paling baik, salah satunya adalah bangun pagi.


Islam juga menganjurkan untuk bangun pagi secara rutin, kepada kita umat muslim agar mendapatkan manfaat dan keberkahan dan membuka pintu rezeki.


Berikut adalah lima keutamaan dan manfaat bangun pagi dalam Islam:


Pertama, manfaat bagun pagi ialah membuka pintu rezeki, ketika Rasulullah SAW pulang Sholat subuh dari Masjid Nabawi, beliau mendapati putrinya bernama Fatimah masih dalam kondisi tidur.


Maka beliau bersabda."Wahai anakku bangunlah saksikan rezeki Tuhanmu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai karena Allah memberi rezeki kepada hambaNya antara terbit fajar dengan terbit matahari,” hadits riwayat Imam Ahmad dan Al-baihaqi.


Kedua, terpenuhi segala kebutuhannya, dari hadits Imam Ath Thabrani dan Al-Bazzar Rasulullah SAW bersabda “bangunlah pagi hari untuk menjaga rezeki dan kebutuhan-kebutuhan mu sesungguhnya pada bagi hari terdapat barokatan keberuntungan,”.


Ketiga, didoakan malaikat, Nabi SAW bersabda “dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar,” Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim.


Keempat, mendapatkan naungan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda “siapa saja yang memasuki pagi hari, ia tidak berniat menzolimi seseorang, maka diampuni baginya terhadap segala dosa.


Dan siapa saja yang memasuki pagi hari, berniat menolong orang yang teraniaya dan memenuhi kebutuhan orang Islam, maka baginya pahala seperti orang Haji Mabrur,” hadis dikutip dari kitab Nashoihul ‘Ibad, karya Syeikh Nawawi.


Kelima, jauh dari sifat malas, Rasulullah SAW bersabda: “setan buat tiga ikatan ditengkuk salah seorang dari kalian ketika tidur, setiap ikatan syeitan akan mengatakan malam masih panjang tidurlah, jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah SWT lepaslah satu ikatan.


Kemudian Jika dia berwudhu lepas lagi satu ikatan, kemudian Jika dia mengerjakan sholat, lepas ikatan terakhirnya. Di pagi hari ia akan bersemangat dan bergembira. jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas,” hadis riwayat Bukhari dan Muslim.


Untuk itu umat muslim di anjurkan bersegeralah bangun pagi untuk memulai segala aktifitas kita dalam bekerja untuk mendapatka manfaat kehidupan dan menjemput rezeki dari Allah SWT.



Mari sama-sama kita menebar kebaikan dan menjadi insan yang bermanfaat. Sekian dari saya, mohon maaf untuk kata yang mungkin saja kurang berkenan dalam share artikel ini. Terima kasih atas perhatian dan antusiasnya membaca. 



Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



YAYASAN IMAM TEGUH Program Kemanusiaan | Mendirikan Dan Meyelenggarakan Rumah Singgah | Menyelenggarakan pendidikan | Menyelenggarakan pelestarian lingkungan hidup | Bersih Masjid & Mushola |  Ziarah Wali Songo | Ziarah Wali Pitu | Program Haji & Umroh | Berbagi Sedekah Kepada Masyarakat | Sima'an Qur'an 


You Might Also Like

0 komentar