RESIK RESIK MASJID AL ISTIQOMAH JL. KH. MA'RUF MERTELU KALISABUK CILACAP

Oktober 31, 2022


 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Kiprah tim resik-resik masjid Cilacap setiap sabtu pagi, kami menggelar aksi bersih-bersih masjid secara gratis. 


Kegiatan komunitas ini tidak hanya membersihkan lantai saja. Namun mencakup seluruh ruangan masjid. Tak terkecuali membersihkan tempat yang sulit dijangkau. Dinding dan ornamen penghias masjid tak luput dari sasaran pembersihan. 


Begitu pula kamar mandi dan tempat wudhu, turut menjadi prioritas tim resik-resik masjid. Kegiatan bersih-bersih dilakukan dengan menyisir setiap masjid di cilacap dan berlangsung setiap sabtu pagi. 


Tim resik-resik masjid merupakan sekelompok relawan yang memiliki kepedulian agar masjid senantiasa bersih. Sehingga nyaman untuk beribadah. 


Setiap kali membersihkan masjid, mereka menyiapkan peralatan sendiri. Sedangkan biaya kebutuhan berasal dari saku pribadi dan ada juga dari donasi. Dari aksi ke 7 masjid yang ada di Cilacap, tim resik-resik masjid Cilacap telah membersihkan 7 masjid. 


Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi dorongan kepada seluruh umat muslim dalam menjaga kebersihan masjid.


Kita tidak pernah tahu amal kebaikan mana yang akan menjadikan kita masuk surga. Sebuah ikhtiar dan mencari keridhoan Allah dengan membersihkan rumah-Nya. Yang berkenan Masjid/Musholanya dibersihkan. Bisa menghubungi RRM (Resik-Resik Masjid), tren baru amal kebaikan dengan banyak keutamaan.


Manusia tidaklah lepas dari khilaf dan dosa dalam kehidupannya, sebaik-baik manusia adalah yang sadar akan kesalahan lalu memohon ampun kepada Allah serta mengiringinya dengan amal kebaikan. Berikhtiar dengan melakukan amal kebaikan dengan membersihkan Masjid & Mushola disekitaran kota cilacap.


Meski tidak dibilang yang pertama melakukan kegiatan ini, tetapi alhamdulillah mampu menarik minat antusias orang sekeliling untuk bersama sama melakukannya kegiatan yang diback up dana dari donatur dan Masjid. Hal tersebut paling tidak meminimalisir ketergantungan para pemuda yang hanya sekadar nongkrong-nongkrong dan bermain gadget tiap malam minggu.










Banyak manfaat dari kegiatan ini selain mengarahkan pemuda pada kegiatan yang positif, juga bermanfaat bagi jamaah menjadi nyaman dalam beribadah karena Masjid/ Musholanya bersih. Selain itu insyaAllah akan mendapat banyak keutamaan dari Allah SWT, diantaranya :


1. Dosanya diampuni oleh Allah Orang yang menjaga kebersihan masjid, meskipun hanya dengan membuang kotoran sebesar biji sawi, maka dosanya akan diampuni oleh Allah. Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis yang ditulis oleh Imam Suyuthi dalam kitab Lubabul Hadis berikut; 


مَنْ أَخْرَجَ قَذَرَةً مِنَ الْمَسْجِدِ بِقَدْرِ مَا يَدُوْرُ فِى الْعَيْنِ أَخْرَجَهُ اللهُ تَعَالَى مِنْ أعْظَمِ ذُنُوْبِهِ


Siapa yang mengeluarkan kotoran dari masjid dengan seukuran yang dapat dipandang oleh mata, maka Allah akan mengeluarkannya dari dosa-dosa yang besar dari dirinya. 


2. Dibangunkan satu rumah dan tempat di surga Dalam sebuah hadis yang disebutkan oleh Imam Suyuthi dalam kitab Lubabul Hadis, dari Sa’id Al-Khudri, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda; 


مَنْ أَخْرَجَ أَذًى مِنَ الْمَسْجِدِ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ



Siapa yang mengeluarkan kotoran dari masjid, maka Allah akan membangun rumah untuknya di dalam surga. 


3. Mendapatkan kedudukan yang mulia di sisi Nabi SAW Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim;


 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ -فِي قِصَّةِ الْمَرْأَةِ الَّتِي كَانَتْ تَقُمُّ الْمَسْجِدَ- قَال: فَسَأَلَ عَنْهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا: مَاتَتْ فَقَالَ:أَفَلاَ كُنْتُمْ آذَنْتُمُونِي فَكَأَنَّهُمْ صَغَّرُوا أَمْرَهَا. فَقَالَ:دُلُّونِي عَلَى قَبْرِهَا فَدَلُّوهُ فَصَلَّى عَلَيْهَا. 


Dari Abu Hurairah, mengenai kisah seorang perempuan yang biasa mengurus kebersihan masjid, dia berkata; Kemudian Nabi Muhammad SAW bertanya tentang perempuan tersebut. Sahabat menjawab, ‘Ia telah wafat.’ Kemudian Nabi Muhammad SAW berkata, ‘Kenapa kalian tidak memberitahukan kepadaku? Seakan-akan para sahabat meremehkan kedudukan perempuan tersebut. Kemudian Nabi Muhammad SAW berkata, ‘Mari kalian tunjukkan kepadaku kuburan perempuan itu. Lalu Nabi Muhammad SAW mensalati perempuan tersebut.


Tim Resik-resik Masjid (RRM) Cilacap, Jawa Tengah menyambangi Masjid Al Istiqomah, Kalisabuk Cilacap. Kedatangan tim yang dikomandani oleh Ust. Dayat dan Sekretaris Resik-resik Masjid,  Yari dalam rangka melaksanakan kegiatan gotong-royong membantu membersihkan lingkungan Masjid Al Istiqomah.


"Alhamdulillah kegiatan sudah kita laksanakan pada Sabtu, (08/10/2022). Untuk Masjid Istiqomah, merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Resik-resik Masjid untuk pekan yang ke-7," kata Ketua Tim Resik-resik Masjid Kabupaten Cilacap, Ust. Dayat, Sabtu (08/10/2022).


Untuk musholla atau masjid yang mau menggunakan jasa Tim RRM bisa menghubungi via handphone jauh-jauh hari.


"Jasa bersih-bersih masjid atau musholla tidak dikenai biaya alias gratis. Silahkan hubungi di nomor handphone via WA, 085559355030 " lanjut Ust. Dayat yang didampingi Sekretaris RRM, Yari.


Sementara, Sekretaris RRM, Yari. Mengemukakan, kegiatan oleh timnya di masjid dan musholla merupakan gerakan murni sosial keagamaan tanpa dibatasi oleh kepentingn politik maupun kepentingan-kepentingan lainnya.


"Jargon RRM yakni Resik Masjide, Nyaman Ibadahe (Bersih Masjidnya, Nyaman Ibadahnya). Melalui kegiatan ini pula, diharapkan tempat ibadah yang kita datangi diharapkan menjadi lebih bersih dan harum," kata Yari.


Sedangkan Penasehat Masjid , Kyai Rahmat mewakili pengurus/takmir menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kehadiran Tim RRM.


"Mudah-mudahan, apa yang telah dikerjakan oleh Tim RRM dengan membersihkan lingkungan Masjid Kyai Rahmat mendapat ridho dan hidayah dari Allah SWT. Tentunya pula, Masjid Kyai Rahmat, lingkungannya menjadi lebih bersih dan jamaah menjadi nyaman untuk menjalankan ibadah sholat," pungkas Ust. Dayat.



Mari sama-sama kita menebar kebaikan dan menjadi insan yang bermanfaat. Sekian dari saya, mohon maaf untuk kata yang mungkin saja kurang berkenan dalam share artikel ini. Terima kasih atas perhatian dan antusiasnya membaca. 



Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



YAYASAN IMAM TEGUH Program Kemanusiaan | Mendirikan Dan Meyelenggarakan Rumah Singgah | Menyelenggarakan pendidikan | Menyelenggarakan pelestarian lingkungan hidup | Bersih Masjid & Mushola |  Ziarah Wali Songo | Program Haji & Umroh | Berbagi Sedekah Kepada Masyarakat | Sima'an Qur'an 


You Might Also Like

0 komentar