KEGIATAN RESIK RESIK MASJID AL HIDAYAH JL KALISAPU NO 17 DONAN CILACAP

Oktober 16, 2022


 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Komunitas Gerakan Resik Resik Masjid Cilacap membersihkan Masjid Al Hidayah Jl. Kalisapu No. 17 Donan Cilacap.


Mereka membersihkan kamar mandi, tempat wudhu, hingga kamar mandi.








Koordinator Komunitas Resik Masjid Cilacap mengucapkan terima kasih kepada takmir Masjid Al Hidayah yang telah mengizinkan kegiatan ini.


"Kegiatan Resik Resik Masjid di Masjid Al Hidayah ini, adalah yang ke-6 selama Gerakan Resik Masjid dilakukan di Cilacap," ujarnya, Sabtu (01/10/2022).


Kegiatan resik masjid ini sudah berlangsung selama tiga bulan. Sebulan empat kali masjid yang mendapat giliran dilakukan pembersihan.


"Gagasan ini muncul dari nostalgia beliau selaku koordinaso Resik Resik Masjid. Memulai dari awal lagi kami mulai dari alat seadanya. Kami bertekad yang penting ada tindakan konkret, gagasan ini harus terealisasi, berapapun anggota yang bisa dilibatkan, yang penting berangkat."


Awalnya alat kebersihan yang digunakan masih seadanya. Sapu, kain pel dan cairan pembersih hasil donasi anggota.


"Hingga akhirnya partisipasi dari masyarakat berdatangan. Anggota kami makin banyak, donasi yang terkumpul di tiap kegiatan resik resik masjid dirupakan alat kebersihan, cairan pembersih dan inventaris kebersihan lainnya bahkan makanan,".


Koordinator berharap, kegiatan ini terus berkembang dan memantik partisipasi dari banyak pihak. Karena makin banyak masjid yang mendaftar untuk dibersihkan, tentunya makin banyak anggota, makin baik.


Koordinator Resik Resik Masjid Cilacap, mengaku salut atas komunitas Resik Resik Masjid Cilacap, yang hingga saat ini masih konsisten menyisir masjid di Cilacap bahkan menyeberang lautan sekaligus untuk dibersihkan.


"Semoga kegiatan ini terus terjalin makin baik. Masih banyak masjid yang menunggu giliran untuk dibersihkan,".


Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 09:00 pagi ini dilaksanakan dengan seksama demi bersihnya tempat ibadah yang digunakan sehari-hari baik oleh pegawai Kecamatan, anggota Kepolisian Polsek, ataupun masyarakat sekitar. Dengan bersihnya Masjid Al Hidayah diharapkan aktivitas ibadah menjadi lebih nyaman, khusyuk dan membuat jamaah lebih semangat dalam menjalankan ibadah.


Ustadz Dayat menjelaskan permintaan bersih-bersih masjid cukup banyak. Pihaknya pun mengaku kewalahan untuk melayani permintaan bersih masjid. Kegiatan bersih masjid dilakukan secara gratis.


"Selama Komunitas berjalan banyak permintaan untuk dibersihkan masjidnya. Cuman memang kita terjadwal maka kita tampung dulu. Tidak semua langsung bisa dilaksanakan," ucap beliau Ustadz Dayat.


Menurutnya setiap kali aksi terdapat 10 orang yang ikut membersihkan masjid. Mereka terbagi dari tim pembersih halaman, ruangan, kamar mandi, hingga karpet masjid.


"Tujuan kita untuk edukasi masjid nggih, tidak cuman untuk bersih-bersihnya saja. Bagaimana pihak masjid tergerak hatinya, bahwa masjid ini kita bersihkan bersama-sama. Jadi bukan tugas marbot saja, pengurus masjid mengadakan secara rutin,".


Ustadz Dayat mengungkapkan komunitas Resik-resik Masjid merupakan komunitas yang bersifat sukarela. Komunitas itu sudah terbentuk sejak beliau di bandung.


"Resik-resik masjid itu komunitas yang kita sifatnya suka rela, awalnya dulu tidak sebanyak ini ya. Sekarang alhamdulillah, kalau anggota ada 20 orang, namun yang aktif setiap aksi ada 15 orang saja.


Ustadz Dayat menambahkan peralatan yang digunakan untuk bersih-bersih masjid merupakan donasi dan hasil swadaya anggota komunitas sendiri. Karena komunitas tersebut bersifat sukarela.

"Alat-alat itu sumbangan dari rekan-rekan, jadi setiap ada kebutuhan alat nanti kita share ke teman-teman.


Sementara itu, pengurus Masjid Al Hidayah, Bapak H. Tri mengatakan pihaknya mengaku bersyukur dengan adanya kegiatan bersih-bersih masjid dari komunitas RRM. Dia pun mengaku terbantu dengan adanya bersih-bersih masjid ini.


"Saya pengurus masjid mengapresiasi kegiatan komunitas ini, alhamdulillah datang ke sini, sehingga bisa dapat membantu, dapat membersihkan semua sarana yang sediakan dijadikan kegiatan ibadah di masjid ini,".



Mari sama-sama kita menebar kebaikan dan menjadi insan yang bermanfaat. Sekian dari saya, mohon maaf untuk kata yang mungkin saja kurang berkenan dalam share artikel ini. Terima kasih atas perhatian dan antusiasnya membaca. 



Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



YAYASAN IMAM TEGUH Program Kemanusiaan | Mendirikan Dan Meyelenggarakan Rumah Singgah | Menyelenggarakan pendidikan | Menyelenggarakan pelestarian lingkungan hidup | Bersih Masjid & Mushola |  Ziarah Wali Songo | Program Haji & Umroh | Berbagi Sedekah Kepada Masyarakat | Sima'an Qur'an 


You Might Also Like

0 komentar