5 CIRI CIRI ORANG BERIMAN TERTULIS DI DALAM AL QURAN

Oktober 18, 2022


 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Ciri-ciri orang beriman tidak terlalu sulit untuk diketahui. Pasalnya, dalam Al-qur'an pun sudah dijelaskan.


Mukmin adalah orang yang benar-benar beriman kepada Allah SWT dengan mematuhi segala perintah dan menjauhi seluruh larangan-Nya.


Lantas apa saja ciri-ciri orang beriman?

Ciri-ciri orang beriman terdapat pada Al-qur'an surat Al Anfal ayat 2-4, yakni :


إِنَّمَا ٱلۡمُؤۡمِنُونَ ٱلَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ ٱللَّهُ وَجِلَتۡ قُلُوبُہُمۡ وَإِذَا تُلِيَتۡ عَلَيۡہِمۡ ءَايَـٰتُهُ ۥ زَادَتۡہُمۡ إِيمَـٰنً۬ا وَعَلَىٰ رَبِّهِمۡ يَتَوَكَّلُونَ (٢) ٱلَّذِينَ يُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَمِمَّا رَزَقۡنَـٰهُمۡ يُنفِقُونَ (٣)أُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمُ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ حَقًّ۬اۚ لَّهُمۡ دَرَجَـٰتٌ عِندَ رَبِّهِمۡ وَمَغۡفِرَةٌ۬ وَرِزۡقٌ۬ ڪَرِيمٌ۬ (٤)


Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka [karenanya] dan kepada Tuhanlah mereka bertawakkal, [yaitu] orang-orang yang mendirikan sholat dan yang menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezeki [ni’mat] yang mulia.”. (QS: Al-Anfal [8]: 2-4).


Ciri-ciri orang beriman


1. Ciri-ciri orang beriman yang pertama bergetar hatinya ketika mendengar nama Allah SWT.

 إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ ٱلَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ ٱللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ


Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka”. (QS: Al-Anfal [8]: 2).


Orang yang beriman jika disebutkan nama Allah SWT, gemetar atau bergetar hatinya karena ada rasa takut dalam hatinya. Rasa takutnya sebagai bentuk mengagungkan asma Allah SWT. Ketika dia berkeinginan untuk melakukan perbuatan dosa atau maksiat, dia pun segara teringat Allah dan takut melaksanakannya.


2. Ciri-ciri orang beriman yang selanjutnya ketika dibacakan ayat Al-Qur’an akan bertambah imannya.


وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ ءَايَٰتُهُۥ زَادَتْهُمْ إِيمَٰنًا


Artinya: “Dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya)”. (QS: Al-Anfal [8]: 2).


Hal ini menjadi bukti keimanan seseorang ketika Al-Qur’an dibaca, baik oleh dirinya ataupun orang lain.


3.Ciri-ciri orang beriman yang ketiga adalah orang yang bertawakal kepada Allah SWT.

وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ


Artinya: “Dan hanya kepada Rabbnya mereka bertawakal”. (QS: Al-Anfal [8]: 2).


Orang yang beriman akan berserah diri hanya kepada Allah SWT. Selain melakukan usaha agar terwujudnya keinginannya, mereka tetap bertawakal kepada Allah SWT. Karena mereka yakin bahwa tidak akan terwujud suatu hal kecuali atas kehendak Allah SWT.


4.Ciri-ciri orang beriman berikutnya yaitu orang-orang yang menjalankan sholat.

ٱلَّذِينَ يُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ


Artinya: “(yaitu) Orang-orang yang mendirikan sholat”. (QS: Al-Anfal [8]: 3).


Orang yang beriman akan mendirikan sholat secara sempurna, baik sholat yang hukumnya wajib maupun yang sunah. Sholat adalah sarana mediasi seorang hamba yang ingin berkomunikasi dengan Allah SWT.


5. Ciri-ciri orang beriman yang terakhir yakni orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah SWT.

وَمِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ يُنفِقُونَ


Artinya: “Dan mereka yang menginfakkan rezeki yang Kami berikan kepada mereka.” (QS: Al-Anfal [8]: 3).


Seorang dikatakan beriman ketika dia menginfakkan hartanya di jalan Allah. Sebagaimana yang dilakukan oleh Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu, beliau menginfakkan seluruh hartanya di jalan Allah SWT.



Mari sama-sama kita menebar kebaikan dan menjadi insan yang bermanfaat. Sekian dari saya, mohon maaf untuk kata yang mungkin saja kurang berkenan dalam share artikel ini. Terima kasih atas perhatian dan antusiasnya membaca. 



Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



YAYASAN IMAM TEGUH Program Kemanusiaan | Mendirikan Dan Meyelenggarakan Rumah Singgah | Menyelenggarakan pendidikan | Menyelenggarakan pelestarian lingkungan hidup | Bersih Masjid & Mushola |  Ziarah Wali Songo | Program Haji & Umroh | Berbagi Sedekah Kepada Masyarakat | Sima'an Qur'an 


You Might Also Like

0 komentar