WISATA RELIGI ZIARAH MAKAM SYEKH PANDAN JATI PEMALANG

September 14, 2022


 

Wisata Religi: Ziarah Makam Syekh Pandan Jati Pemalang


Yayasan Imam Teguh telah melaksanakan kegiatan wisata religi bersama seluruh karyawan dan karyawati untuk berziarah ke makam syekh Pandan Jati, Bantarbolang, Pemalang. Pada hari Jumat, 9 September 2022.


Kegiatan ini diikuti oleh karyawan yayasan imam teguh, kalinik hati, BMMT dan keluarga H. Imam Teguh. Kami semua berangkat dari kediaman Ustadz Imam Teguh pagi hari pukul 08.05 WIB dan kembali pulang sekitar pukul 20.30 WIB.





Siapa itu syekh Pandan Jati?


Ki Pandan Jati adalah pembesar Kerajaan Mataram. Namun karena dituduh melakukan korupsi dan dihukum seumur hidup, dia lantas mengasingkan diri ke daerah barat, tepatnya di kawasan hutan Bantarbolang. Dan berguru kepada Mbah Bantarbolang,   Lantaran yakin bahwa Ki Pandan Jati adalah orang yang baik, dia kemudian diangkat menjadi murid dan digembleng oleh Mbah Bantarbolang. Bersama murid Mbah Bantarbolang lainnya yaitu Ki Palintaran, Ki Pandan Jati menjelma menjadi pribadi yang sangat tangguh secara lahir dan batin. Keduanya juga menjadi murid kesayangan Mbah Bantarbolang dan mewarisi semua ilmu dari gurunya tersebut. Bahkan, konon keduanya menjadi orang sakti yang mampu menerawang sebuah peristiwa yang akan terjadi di masa datang, lo. Wah, hebat ya?


Ketika Mbah Bantarbolang bermaksud mencari penerusnya, dia menguji kedua muridnya tersebut. Secara sembunyi-sembunyi, Mbah Bantarbolang meninggalkan padepokan. Ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada Ki Pandan Jati dan Ki Palintaran untuk memimpin padepokan bersama.


Apa Manfaat Ziarah Makam?


1. Mengingatkan kita (peziarah) akan kematian

2. Mengingatkan kita akan hari pembalasan di hari kiamat

3. Melaksanakan 2 perintah Rosulullah sekaligus

4. Menyenangkan hati para ahli kubur

5. Meringankan siksa bagi ahli kubur


Demikian keterangan Rasulullah dalam Sunan Turmudzi no 973:



 حديث بريدة قال : قال رسول الله صلى الله علية وسلم :"قد كنت نهيتكم عن زيارة القبور فقد أذن لمحمد في زيارة قبر أمه فزورها فإنها تذكر الآخرة"رواة الترمذي (3/370)


 

Artinya: Hadits dari Buraidah ia berkata bahwa Rasulullah bersabda: Saya pernah melarang berziarah kubur. Tapi sekarang Muhammad telah diberi izin untuk berziarah ke makam ibunya. Maka sekarang berziarahlah..! karena hal itu dapat mengingatkan kamu kepada akhirat.  


Demikianlah sebenarnya hukum dasar dibolehkannya ziarah kubur dengan illat (alasan) ‘tazdkiratul akhirah’ yaitu mengingatkan kita kepada akhirat. Oleh karena itu dibenarkan berziarah ke makam orang tua dan juga ke makam orang shalih dan para wali. Selama ziarah itu dapat mengingatkan kita kepada akhirat.


(Ozi Saputra, Yayasan Imam Teguh)

You Might Also Like

0 komentar