KENAPA KITA SELALU MEMIKIRKAN SANG PUJAAN HATI DALAM AGAMA ISLAM YANG HARUS KAMU KETAHUI

Juli 27, 2022


 

Assalmualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Artikel berikut ini adalah informasi mengenai alasan kenapa kita selalu memikirkan sang pujaan hati dalam agama Islam yang harus kamu ketahui. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!


Perasaan manusia hingga saat ini tidak ada yang mengetahui dengan pasti. Hal tersebut dikarenakan hanya diri dan Allah yang mengetahui hal tersebut. Banyak orang pun yang mencoba memendamnya.


Memendam perasaan bukan sesuatu hal yang salah. Namun terkadang hal tersebut membuat kita kepikiran. Lantas, apakah hukumnya dalam Islam jika selalu kepikiran sang pujaan hati?


Ya Allah Kenapa Aku Selalu Memikirkan Dia Menurut Islam

Cinta dalam pandangan Islam adalah, cinta merupakan perasaan jiwa getaran nadi, pancaran naluri, serta terpautnya hati satu manusia dengan manusia lain atau pihak yang dicintainya. Seseorng yang jatu cinta akan memiliki semnagat yang menggelora saat memikirkan seseorang yang dia cintai.


Dalam Islam saat kita terus memikirkan seseorang yang kita cintai itu artinya cinta tumbuh dari diri kalian kepada seseorang yang kalian pikirkan tersebut. Ada cara tersendiri di dalam Islam untuk merawat cinta yang tumbuh tersebut.


1. Sucikan Niat


Dalam Islam kita harus meluruskan niat kita dalam menaruh perasaan atau cinta kepada orang lain. Di awali dengan meluruskan niat kita dalam mencintai seseorang. Kita harus mensucikan niat kita dalam mencintai seseorang. Semata – mata diniatkan bahwa kita mencintai seseorang ini dikarenakan ibadah kepada Allah Swt.


“Segala amal itu tergantung niatnya dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan rasul-Nya maka hijrahnya itu kepada Allah dan rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dinikahinya maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya.” (Muttafaq alaih).


2. Secara Proporsional


Artinya kalian harus mencintai sesuatu secara proporsional. “…. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (QS Al Baqarah [2]: 216).


Nabi SAW pernah berpesan, “Cintailah kekasihmu sekadarnya saja, karena boleh jadi suatu hari nanti dia akan menjadi sesuatu yang engkau benci; dan bencilah sesuatu yang tidak engkau sukai sekadarnya saja, karena boleh jadi suatu hari nanti dia akan menjadi sesuatu yang engkau cintai.” (HR Bukhari).


3. Memproklamirkan Cinta


Nabi SAW bersabda, “Jika seseorang mencintai saudaranya hendaklah memberitahukan kepadanya bahwa ia mencintainya.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).


4. Memandang Penuh Cinta


Dalam sebuah hadis dikatakan, “Barang siapa yang memandang saudaranya dengan pandangan cinta (kasih sayang), maka Allah mengampuninya.”


5. Kunjungan Cinta


Agar tanaman cinta bertambah subur, hendaklah saling mengunjungi. Rasulullah SAW bersabda, “Berkunjung secara berkala maka cinta pun akan bertambah.” (HR Baihaqi). Zur ghiban, yazid hubban.”


6. Merawat Tanaman Cinta


Taburkan pupuk cinta secara merata, pasti akan menuai buah cinta, yaitu dengan mendahuluinya dalam mengucapkan salam, memanggilnya dengan nama yang paling disukainya, dan melapangkan tempat duduk baginya.


7. Mengokohkan Cinta Secara Berkala


Nabi SAW mengajarkan, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon anugerah cinta-Mu, dan cinta orang-orang yang mencintai-Mu, serta usaha yang dapat mengantarkan aku kepada cinta-Mu. Ya Allah, jadikanlah cinta-Mu sesuatu yang paling aku senangi.” (HR Ahmad).


Nah, itu dia informasi mengenai Ya Allah kenapa aku selalu memikirkan dia menurut Islam yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.



Mari sama-sama kita menebar kebaikan dan menjadi insan yang bermanfaat. Sekian dari saya, mohon maaf untuk kata yang mungkin saja kurang berkenan dalam share artikel ini. Terima kasih atas perhatian dan antusiasnya membaca. 


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



YAYASAN IMAM TEGUH Program Kemanusiaan | Mendirikan Dan Meyelenggarakan Rumah Singgah | Menyelenggarakan pendidikan | Menyelenggarakan pelestarian lingkungan hidup | Ziarah Wali Songo | Program Haji & Umroh | Berbagi Sedekah Kepada Masyarakat 

You Might Also Like

0 komentar