FADILAH MEMBACA AL QURAN SIANG DAN MALAM SABDA RASULULLAH SAW DAPAT BERDIALOG DENGAN ALLAH SWT

Mei 26, 2022


 Assalmualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Al-Quran merupakan pedoman hidup umat Islam yang muslim dan muslimah.

Membaca Al-Quran adalah ibadah yang diutamakan dari ibadah lainnya. Seorang muslim yang dapat membaca Alquran di siang dan di malam hari dapat memiliki keutamaan-keutanaan yang akan didapatkan.

Adapun keutamaan membaca Al-Quran yang familiar kita dengar, memiliki keutamaan di alam kubur Allah SWT terangkan kuburnya.

Dalam hadits Abu Dawud digambarkan orang mukmin yang suka membaca Al-Quran seperti buah yang manis dan harum, bagi orang mukmin yang tidak suka membaca Al-Quran seperti halnya buah yang manis namun tidak harum.

Sementara, bagi orang yang fasik suka membaca Al-Quran dapat digambarkan seperti buah yang beraroma harum namun memiliki rasa pahit.

Dan adapun bagi orang fasik yang tidak suka membaca Al-Quran akan digambarkan seperti buah yang pahit dan tidak beraroma.

Nah, untuk mengetahui keutamaan membacan Al-Quran sebagaimana dari berbagai sumber, Inilah fadilah membaca Al-Quran dari Rasulullah SAW.

1. "Allah memberikan setiap huruf Al-Quran yang dibacanya diberi balasan satu kebaikan. Setiap kebaikkan juga dikatakan akan dilipatkan menjadi sepuluh."

2. "Siapa saja yang membaca Al-Qur’an seratus ayat dalam satu malam, maka akan dicatat untuknya ketaatan satu malam itu.”

3. "Siapa saja yang disibukkan oleh membaca Al-Qur’an, hingga tak sempat dzikir yang lain kepada-Ku dan meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya balasan terbaik orang-orang yang meminta."

4. "Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an.”

5. " Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.”

6. "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Bacalah Al-Qur’an. Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemilik."

7. "Membaca Al-Quran adalah berdialog dengan Allah Subhana wata'ala."

8. "Mendapatkan kemuliaan disisi Allah SWT setelah para Nabi."

9. "Sebaik-baik orang ialah yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya."

10. "Tidak boleh iri kecuali kepada orang yang memahami Al-Quran serta mengamalkannya siang dan malam."

11. "Al-Quran adalah hidangan Allah SWT, janganlah kamu menjauhinya,"

12. "Terangilah rumahmu dengan salat dan
membaca Al-Quran."

Nah, itulah beberapa fadilah dengan membaca Al-Quran Sabda Rasulullah SAW, slaah satunya dapat berdialog dengan Allah SWT.


Mari sama-sama kita menebar kebaikan dan menjadi insan yang bermanfaat. Sekian dari saya, mohon maaf untuk kata yang mungkin saja kurang berkenan dalam share artikel ini. Terima kasih atas perhatian dan antusiasnya membaca. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

You Might Also Like

0 komentar