5 RUKUN ISLAM

Januari 18, 2022

 


5 RUKUN ISLAM LENGKAP DENGAN PENJELASANNYA

Rukun Islam wajib diamalkan oleh setiap orang yang beragama Islam sehingga hal tersebut dapat dijadikan tanda atau tolak ukur keislaman seseorang. Rukun Islam sebagai dasar ilmu agama Islam, telah diajarkan semenjak dini agar umat muslim lebih memahami dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Rukun Islam merupakan landasan atau fondasi bagi umat Islam yang harus selalu diamalkan agar imannya senantiasa terjaga selama kehidupannya. Sebagai umat muslim, kita harus tahu apa saja rukun Islam. Ada 5 amalan, berikut penjelasannya! Rukun Islam adalah lima tindakan dasar dalam Islam yang dianggap sebagai pondasi wajib bagi orang-orang beriman. 

Ada satu hadist yang secara khusus menerangkan tentang 5 rukun Islam yaitu sabda Rasulullah Shallahu'alaihimwasallam.

"Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadhan'". (HR. Al-Bukhari dan Muslim)


5 RUKUN ISLAM TERDIRI DARI : 

1. Syahadat : Pernyataan iman 

2. Shalat : Salat wajib yang dilakukan 5 waktu dalam sehari. 

3. Zakat : Amal yang dikeluarkan bagi fakir miskin dan mereka yang membutuhkan. 

4. Puasa (Saum) : Berpuasa selama bulan Ramadan.

5. Naik Haji : Ibadah haji ke Mekkah bagi mereka yang mampu secara fisik dan finansial.

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah, putra Umar bin Khattab (ra) mengatakan :

Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, “Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah melainkan Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah, menunaikan shalat, menunaikan zakat, menunaikan haji ke Baitullah, dan berpuasa Ramadan.”

Berikut 5 urutan rukun Islam dan penjelasannya :

1.   Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat

Rukun Islam yang pertama adalah mengucapkan dua kalimat syahadat. Hal ini wajib hukumnya bagi seseorang yang ingin menjadi muslim.

Kalimat syahadat dalam bahasa Arab:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Kalimat syahadat dalam bahsa latin :

"Asy-hadu allaa ilaaha illallaahu wa asy-hadu anna muhammadarrasuulullahi".

Arti kalimat syahadat :

"Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah".

Di dalam dua kalimat syahadat tersebut yang patut disembah hanyalah Allah, tidak ada yang lain. Dan tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah yang menguasai seluruh isi alam semesta.

2.   Mendirikan Sholat

Setelah menjadi seorang muslim tentu harus mengejarkan rukun Islam yang kedua. Salat wajib disebut juga sebagai salat 5 waktu. Sholat 5 waktu terdiri dari sholat subuh, sholat dzuhur, sholat ashar, sholat magrib, sholat isya

3.   Berpuasa di Bulan Ramadhan

Setiap muslim diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan.

4.   Menunaikan Zakat

Zakat merupakan kewajiban yang dikeluarkan pada harta orang yang memiliki kelebihan. Ada beberapa jenis zakat yaitu zakat fitrah yang dikeluarkan pada bulan Ramadan, ada juga zakat mal yaitu zakat yang dikeluarkan berdasarkan hasil niaga atau penghasilan.

Jumlah zakat fitrah yang wajib diserahkan 2,5 kg atau bisa diganti dengan uang yang setara dengan 2,5 kg beras. Dan untuk zakat Mal bisa memperkirakannya dengan menyerahkan 2,5 persen dari harta yang diperolah dari penghasilan kita.

5. Pergi Haji (Bagi yang Mampu)

Pergi Haji ke Mekkah adalah kewajiban umat muslim yang mampu secara fisik dan finansial.

Pergi haji wajibnya dilakukan satu kali seumur hidup. Jika umat muslim tidak mampu pergi berhaji, maka pergi haji tidak masalah jika tidak dilakukan. Namun sebagai manusia seharusnya kita berusaha agar kelima rukun islam bisa kita kerjakan.

5 Rukun Islam yang menjadi kewajiban setiap umat Muslim demi menjalani hidup yang baik dan dan bertanggung jawab. Rukun Islam sendiri berdasar pada apa yang sudah diperintahkan Allah (SWT) kepada Nabi Muhammad ﷺ yang kita teladani. Rukun Islam juga disebutkan secara khusus di dalam Quran dan dinarasikan dalam hadis.


[Referensi 40 Hadis Nawawi 3]


Rukun Islam ke-1 – Syahadat

Pernyataan iman atau syahadat, adalah bentuk kepercayaan terhadap Islam yang paling mendasar dan harus diungkapkan dengan penuh keyakinan dan tulus. Syahadat menyatakan bahwa “Tiada Tuhan kecuali Allah, dan Muhammad adalah utusan Allah.”

Rukun Islam ke-2 – Shalat

Setiap Muslim diwajibkan untuk melakukan salat 5 waktu setiap hari :

Dini hari (Salat Subuh)

Siang (Salat Zuhur)

Sore (Salat Asar)

Matahari terbenam (Salat Magrib)

Malam (Salat Isya)

Waktu salat bervariasi tergantung di belahan dunia bagian mana Anda berada karena setiap negara memiliki zona waktu berbeda. Pastikan Anda mengecek aplikasi Muslim Pro untuk menentukan waktu salat yang paling akurat.

Rukun Islam ke-3 — Zakat

Zakat adalah menyisihkan sebagian harta untuk diamalkan kepada mereka yang membutuhkan. Dalam hukum Islam, seorang Muslim menyumbangkan sebagian dari penghasilan mereka sekitar 2,5 persen dari jumlah total aset cair, dan dari properti yang bisa menghasilkan pendapatan. Tindakan amal ini berfungsi sebagai pengingat tanggung jawab setiap individu yang lebih luas terhadap komunitas.

Rukun Islam ke-4 – Puasa (Saum)

Selama bulan Ramadan, bulan ke-9 dalam kalendar Islam, umat Muslim diharapkan untuk berpuasa dari pagi hingga petang. Kendati ada perkecualian bagi yang mereka sedang sakit, manula, dan ibu hamil, semua Muslim diharapkan untuk menahan diri untuk tidak makan dan minum sepanjang hari.

Rukun Islam ke-4 – Naik Haji

Seluruh umat Muslim yang mampu secara fisik dan finansial, diwajibkan untuk menunaikan ibadah haji ke Mekah paling tidak satu kali dalam seumur hidup. Musim haji tahunan biasanya dilakukan pada sepuluh hari pertama Zulhijah. Zulhijah sendiri merupakan bulan ke-12 dalam kalendar Islam.

Mari sama-sama kita menebar kebaikan dan menjadi insan yang bermanfaat. Sekian dari saya, mohon maaf untuk kata yang mungkin saja kurang berkenan dalam share artikel ini. Terimakasih atas perhatian dan antusiasnya membaca. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


SEMOGA BERMANFAAT

You Might Also Like

0 komentar