Umrah Bersama Ust syam

Oktober 17, 2020


Pergi Ibadah Umroh Jangan Tunggu Tua

ada berapa banyak dari kita yang punya cita-cita berkunjung ke tanah suci, apakah itu untuk beribadah Haji atau Umroh? Tapi mengapa banyak dari kita menunggu sampai lanjut usia untuk menunaikan ibadah yang jadi penyempurna keberadaan kita sebagai umat muslim?

Akhirnya, melihat langsung Kabah.
Siapa saja dari kita yang tergoda dengan deretan promo tiket pesawat murah ke Eropa? Berfoto di depan Menara Eiffel di Paris? Main Ski di Pegunungan Titlis, Swiss? atau trip mengunjungi negeri para Oppa yang jago bikin hati meleleh di setiap drama Korea yang mereka bintangi? Hayo ngakuu…
Masjidil Haram yang megah.
Padahal, bisa jadi anggaran liburan ke Eropa dan Korea sama dengan berangkat ke tanah suci, tapi kenapa ya kita selalu menunda berangkat melihat Kabah, seolah-olah ibadah itu hanya kewajiban orang tua, bukan anak muda gaul macam kita?
Zam Zam Tower di Mekkah 
Berdasarkan pengalaman Ibadah Umroh di akhir tahun 2019 lalu, tim Koper Mini bawa oleh-oleh sederet catatan nih. Apa saja sih keuntungan kalau kalian berangkat umroh di usia muda?

1.Ibadah Umroh Penuh dengan Aktifitas Fisik

Semakin muda kamu berangkat umroh, akan semakin maksimal ibadah kamu. Bayangkan jika kita bolak balik hotel-masjid 5 waktu dalam sehari, berapa puluh kilometer yang harus kamu tempuh berjalan kaki? Iya, kalau punya budget untuk menginap di hotel bintang 5 yang letaknya di pelataran Masjid? Gimana kalau kamu mampunya cuma bayar paket hotel yang jaraknya berkilometer dari masjid. Pastikan bawa bekal koyo dan minyak urut yang banyak ya, kawans 

Jabal Rahmah, saksi perjuangan Nabi Muhammad SAW

2. Berpetualang ke Destinasi-destinasi Baru yang Sarat Sejarah

Kita begitu mengagumi keindahan kastil-kastil di Eropa, dan hafal sejarah kejayaan Bangsa Romawi. Kita juga tahu sederet kisah tragis di balik pembantaian Nazi, tapi pernahkah kita mencari tahu lebih detil tentang strategi Nabi Muhammad SAW ketika hijrah dari Mekkah ke Madinah, lokasi-lokasi mana saja yang menjadi saksi kunci perjuangan Rasulullah saat menyebarkan ajaran Islam? Di Mekkah dan Madinah, kita bisa menjawab rasa penasaran itu. Coba luangkan waktu di tengah agenda bersama rombongan, untuk menjelajahi tempat-tempat bersejarah ini. Bayangkan jika kita berangkat ibadah di usia lanjut, pasti sisa waktu hanya kita habiskan untuk beristirahat di hotel. Iya kan? 






Raudah, Makam Nabi Muhammad SAW
3. Bisa Memperbaiki Diri dan Beramal Saleh Sejak Muda
Kalau kamu masih muda, kesempatan hidup kamu masih panjang. Kalau bisa umroh muda, maka kesempatan memperbaiki diri masih bisa lama, kawans. Bayangkan kalau tiap hari kita menumpuk dosa dan harus menunggu ke tanah suci untuk sadar diri. Kalau berangkat umrohnya pas lanjut usia, berapa banyak waktu tersisa untuk kita bertobat?

4. Usia Produktif, Keuangan Sehat

Di usia produktif seperti sekarang, kita masih bisa bekerja mencari nafkah dan menabung. Sekembali dari umroh di usia muda, kita bisa kembali bekerja, mencari rejeki dan meningkatkan kualitas hidup kita di masa mendatang. Kita tidak perlu khawatir akan kehabisan uang karena tabungan kita habiskan untuk membeli paket umroh. Lain cerita, jika kita baru berangkat umroh di usia tua. Sekembali dari umroh, kondisi badan yang renta, tidak mendukung untuk bisa segera menjemput rejeki.

Jadi, jangan menunggu tua untuk beribadah Umroh ya.

You Might Also Like

0 komentar